MS. Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Tampilan Microsoft Office Excel 2007
Sumber : http://www.google.co.id/
MS. Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program
ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel,
dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk
bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun
yang lainnya.
Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar,
Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan
View Toolbar.
Tampilan area kerja program MS. Word 2007
* Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan,
atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol
Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
* Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti
membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan
dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.
* Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif
penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open
merupakan shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakan
shortcut dari Office Button>Save.
* Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah
sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu
Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi
perintah-perintah sesuai kategorinya.
* Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
* Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di
atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi
untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
* Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen
yang sedang ditampilkan, antara lain
• Page: menampilkan informasi halaman
• Words: Menampilkan jumlah halaman, kata, huruf (tanpa spasi), huruf
(dengan spasi), paragraf, dan baris
Sumber : http://www.google.co.id/